Wednesday 12 August 2015

MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN FASILITAS VIDEO EDITOR YOUTUBE UNTUK MEMPERBANYAK KOLEKSI VIDEO YANG DI MONETIZATION DI CHANNEL AKUN YOUTUBE

MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN 
FASILITAS VIDEO EDITOR YOUTUBE
UNTUK MEMPERBANYAK KOLEKSI VIDEO 
YANG DI MONETIZATION
DI CHANNEL AKUN YOUTUBE





Ini adalah pengalaman pribadi saja sebagai seorang pemula, selama ini heran, melihat teman-teman yang sudah berhasil dalam google adsense melalui periklanan affiliasi lewat Youtube. Koleksi video yang terpasang di channel mereka banyak sekali, bahkan sampai 600 an video. Coba anda bayangkan, perlu berapa lama melakukan rekaman video-video tersebut, sehingga mereka memiliki ratusan video terpasang yang sudah di monetization. Memang idealnya adalah membuat content video yang original hasil shootingan atau buatan sendiri, tapi untuk mendapatkan ide dan meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut tidak mudah juga kan….Nah oleh sebab itu ternyata ada cara untuk menambah koleksi video dengan cara menggunakan fasilitas video editor di youtube.

Browsing sana-sini, inbox email dan facebook kesana kemari, akhirnya gak sengaja dapat pencerahan dari video di youtube, walaupun untuk memahaminya juga cukup membingungkan, maklumlah ane kan masih newbie urusan ginian. Setelah berkali-kali mencoba mempraktekkan panduan tersebut, yang ternyata tidak berurutan dan mendetail, akhirnya berhasil juga ane menambah koleksi video di akun youtube saya yang bisa  di monetizasi walaupun jumlahnya masih puluhan saja, belum sampai ratusan judul. Tapi lumayanlah, untuk menambah jumlah pengunjung channel akun youtube saya, sehingga jumlah pengunjungnya bertambah scara significant, seiring bertambahnya kwantitas jumlah videonya.

Untuk itu, meskipun ini hanyalah ilmu sederhana, saya akan share, supaya teman-teman pemula yang masih bingung dan belum tahu, bisa mempelajari dan mempraktekkannya, dalam menambah koleksi video di akun youtubenya, termonetization google adsense, dan diharapkan mendapatkan income dari kemurahan hati Youtube dan Google AdSense……Baiklah, mari kita mulai kawan, step by step supaya jelas, dan bisa bermanfaat trik ini bagi pemula….

Langkah yang pertama, adalah Sign In ke akun Youtube, saya asumsikan anda sudah mempunyai akun youtube, buka website youtube, dan lakukan sign In……




  

Setelah anda buka website Youtube dan dilanjutkan klik Sign In dipojok kanan atas, maka anda akan diarahkan ke tampilan yang terlihat seperti pada screen shoot dibawah ini:






Setelah anda masukkan alamat email dan password akun youtube anda, segera klik Sign In, sehingga anda akan mendapati tampilan seperti dibawah ini:






Anda telah berhasil Sign In, apabila ditandai tampilan disudut kanan atas sudah muncul profil anda seperti yang saya lingkari merah tersebut, kemudian silahkan anda klik My Channel / Saluran Saya di tab sebelah kiri, sehingga akan diajak menuju tampilan dibawah ini:







Setelah muncul tampilan profil channel akun youtube anda, dilanjut dengan klik Video Manager dibagian tengah atas, untuk menuju pada proses selanjutnya, yang ditunjukkan seperti pada tampilan screen shoot dibawah ini.




Apabila anda sudah masuk ke dashboard video akun youtube anda, perhatikan tab CREATE dipojok kiri bawah, silahkan anda Klik untuk menuju langkah selanjutnya, seperti tampilan dibawah ini.







Maka setelah di klik CREATE, akan muncul tulisan Video Editor seperti gambar diatas tersebut yang saya lingkari biru, silahkan di klik, untuk melanjutkan pada tahapan proses selanjutnya, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.







Perhatikan ikon tulisan cc yang berada dalam lingkaran, silahkan anda klik untuk untuk melanjutkan pada proses selanjutnya, yaitu untuk mencari video-video Common Creative yang belum di monetization, seperti ditunjukkan pada screen shot dibawah ini.






Setelah muncul tulisan Search Creative Commons Video, silahkan anda Ketikkan judul video yang anda inginkan untuk dicari, seperti yang saya ketikkan untuk contoh dibawah ini….






Pada contoh diatas, saya mengetik judul Membuat Keju Rumahan, kemudian dilanjut dengan klik icon pencarian di sebelah kanan, untuk melanjutkan pada proses selanjutnya, yang ditunjukkan seperti pada screen shoot dibawah ini…




Pada tampilan diatas, ditampilkan gambar video yang relevan dengan judul yang diketikkan dipencarian, dan tergolong Creative Common yang dimungkinkan nantinya untuk di monetize. Maka Drag / geser Video Yang Kita Inginkan tersebut, kesebelah kiri bawah yang ber ikon kamera, seperti ditunjukkan pada screen shoot dibawah ini:





Setelah ditampilkan My Edited Video seperti diatas, maka dilanjutkan Klik tombol Create video untuk melanjutkan proses pengeditan video, sehingga akan muncul tampilan seperti pada screen shoot dibawah ini.






Untuk melanjutkan proses selanjutnya, silahkan klik ikon kecil tiga garis merah yang saya lingkari biru di samping logo Youtube ID, sehingga dropdown kebawah, segera klik tulisan Saluran Saya / My Channel, untuk melangkah ke proses berikutnya, sehingga akan muncul tampilan,  seperti ditunjukkan pada screen shoot dibawah ini..





Setelah anda masuk ke dalam Channel anda di akun youtube, segera di klik tulisan Pengelola Video / Video Manager yang ada ditengah, untuk menuju ke proses tahapan editing selanjutnya, seperti gambar dibawah ini:




Tampilan diatas, menunjukkan bahwa video common creative yang di edit tadi sudah masuk ke daftar video yang termonetisasi di akun youtube, walaupun masih belum sempurna, ditandai dengan icon $ masih warna abu-abu (belum berwarna hijau) seperti pada gambar yang saya lingkari merah, sehingga perlu dilanjut Klik tombol Edit (yang saya beri kotak merah) untuk pengeditan,sehingga muncul tampilan, seperti yang  ditunjukkan gambar dibawah ini.






Setelah tadi Klik Tombol Edit, lalu Klik Info dan Setelan (Info Setting), kemudian Klik Info Dasar (Basic Info), sehingga muncul kotak kosong yang harus diisi seperti yang saya checklist merah, mulai dari Judul Video, Deskripsi Video, Pemberian Judul Tag dan checklist share g+ ataupun twitter. Selanjutnya menuju proses dibawah ini:







Selain setelan Info Dasar (Basic Info), selanjutnya adalah Klik Monetisasi, seperti yang saya lingkari merah, kemudian checklist kotak kosong (Monetisasi dengan iklan), kemudian dilanjut proses dibawah ini.







Setelah di edit Info dasar (Basic Info) dan Monetisasi, selanjutnya adalah klik Setelan lanjutan (Advanced Setting), terutama sesuaikan Kategori dari Judul Video yang anda monetisasi, diteruskan dengan Klik Simpan Perubahan (Save changes), untuk menuju tahap akhir pengeditan, yang ditunjukkan pada screen shoot dibawah ini.






Nah…teman-teman blogger pemula, bila sudah muncul tampilan seperti diatas, berarti proses pengeditan video, menggunakan fasilitas video editor youtube, telah selesai dan berhasil di monetisasi, ditandai dengan Ikon video sudah muncul beserta Judul yang sudah kita edit tadi, serta di sebelah kanan, ikon dollar $ sudah berwarna Hijau, itu adalah indicator bahwa video sudah di approved oleh youtube di Monetization.

Silahkan teman-teman memaksimalkan dan memperbanyak jumlah video di dalam akun youtube anda, dengan berbagai macam judul yang anda inginkan, sehingga memberikan kemungkinan orang yang memutar atau menayangkan video anda banyak juga, otomatis memungkinkan yang klik iklan ketika ditayangkan juga banyak. Semakin banyak yang klik iklan anda, berarti earning/ pendapatan yang anda dapatkan juga semakin banyak. Hanya juga di
Butuhkan kesabaran dan kreativitas, supaya editing berhasil, juga tak lupa pengelolaan yang baik terhadap akun, terutama publikasi dan sebagainya, perlu dilakukan untuk menambah traffic pengunjung Channel Youtube anda.

Walaupun saat ini penghasilan baru bisa didapat dari Channel youtube, tapi nanti bisa disetting ditautkan dengan blog anda supaya bisa di approved google adsense, sehingga bisa menambah earning selain dari akun youtube, lain waktu hal tersebut akan kita bahas. Kembali saya ingatkan, bagi teman-teman blogger pemula yang belum mempunyai akun Google AdSense, silahkan digunakan Kemudahan dari google membuat akun Gmail dan Youtube secara berurutan untuk mendaftar Google AdSense, mohon maaf banyak kekurangannya…..selamat berkarya…wassalam… 
Share: